'/> Ciri-Ciri Karya Seni Musik Pada Zaman Renaisans -->

Info Populer 2022

Ciri-Ciri Karya Seni Musik Pada Zaman Renaisans

Ciri-Ciri Karya Seni Musik Pada Zaman Renaisans
Ciri-Ciri Karya Seni Musik Pada Zaman Renaisans
Sejarah perkembangan musik Barat dibagi menjadi beberapa periode. Periodisasi itu ialah sebagai diberikut.

Karya musik pada zaman Renaisans banyak dipengaruhi oleh bentuk ruangan gereja yang besar dan kedap suara, sehingga faktor-faktor kejernihan, kelembutan, dan keseimbangan bunyi merupakan ciri khusus.

Ciri-ciri yang terdapat pada karya-karya pada zaman Renaisans ialah sebagai diberikut.

a. Media Penyajian

Permainan musik iringan banyak diperuntukkan bagi penari dan vokalis perorangan. Lagu-lagu koor gereja sebagian besar berbentuk akapella. Alat-alat musik yang digunakan, antara lain mandolin, lute, harpsicord, hord, clavichord, virginal, keyboard, cornet, dan organ pipa.

b. Ritme

Hampir sebagian besar karya musik zaman Renaisans ditandai dengan ketukan bertekanan berat. Karya musiknya sering terjadi pergantian tanda tempo dan birama yang berludang keringhan.

c. Melodi

Gerakan melodi pada zaman ini masih banyak memakai langkah-langkah pendek menyerupai yang dipakai oleh musik gregorian. Melodi untuk bunyi tenor dipakai nada panjang.

d. Tekstur

Teksturnya berbentuk poliponik dengan susunan empat bunyi atau ludang keringh. Pada tamat kala ke-16, bunyi sopran berperan ludang keringh besar. Harmoni yang banyak dipakai berbentuk triad pokok.

e. Pola

Pada zaman Renaisans, karya musiknya banyak diciptakan dalam bentuk dan pola, antara lain motet, missa, madrigal, passion, fantasia, dan toccaca. Pola pembentukan phrase sangat panjang sehingga penyanyi-penyanyi dituntut mempunyai teknik pernapasan yang prima.

Tokoh musik pada zaman Renaisans, antara lain sebagai diberikut:

a.   Karya Geovanni Pierlugi da Palestrina (1525 - 1594) antara lain Missa Papae Marcelli dan Motet Adoremus te Christe.
b.   Karya Orlandus Lassus (1532 - 1594) antara lain Penetensial Psalms, Motet Tristis Estanimame, dan Madrigal O Che Bon Echo.

c.   Karya Giovanni Gabrielli (1557 - 1623) antara lain Sonata Piano E Forte dan Gantonas for Bass Choirs. 

Advertisement

Iklan Sidebar