'/> Jalur Penyebaran Islam Di Indonesia -->

Info Populer 2022

Jalur Penyebaran Islam Di Indonesia

Jalur Penyebaran Islam Di Indonesia
Jalur Penyebaran Islam Di Indonesia
Proses penyebaran Islam di Indonesia berlangsung secarabertahap dan berkelanjutan dengan banyak sekali cara. Setelah kamumempelajari proses penyebaran Islam, selanjutnya akan dibahas tentang jalur penyebaran agama Islam.

a. Peta Jalur Penyebaran Islam di Indonesia

Agama Islam masuk dan berkembang di Indonesia melaluijalur bahari dan jalur darat.Perhatikan peta jalur penyebaran Islam di KepulauanIndonesia di bawah ini. Pertama kali pedagang dan ulamadari Gujarat, Arab, dan Persia berdatangan ke pesisir pantaiSumatra, baik ke Barus atau ke Perlak dan negara-negarasekitarnya.

Munculnya kerajaan-kerajaan Islam, ibarat KerajaanSamudera Pasai di Sumatra mempercepat prosespenyebaran agama serta kebudayaan Islam. Di samping itu,perkembangan Islam juga semakin pesat sehabis perananKerajaan Majapahit digantikan dengan berdirinya KerajaanDemak. Selain itu, orang-orang Gujarat dalam melakukansyiar agama Islam di Pulau Jawa tidak banyak menemuirintangan yang berarti, walaupun agama dan kebudayaanHindu yang usang memengaruhi tata kehidupan orang-orangdi Pulau Jawa.

Agama Islam pertama kali tersebar di Jawa melaluiKesultanan Demak, selanjutnya ke Banten, Cirebon, Gresik,dan daerah-daerah lain di pesisir utara Pulau Jawa.Kesultanan Demak membuatkan Islam ke Kalimantan,Sulawesi, dan Maluku.

b. Peta Daerah di Indonesia yang Islam pada Abad ke-16, 18,dan Abad ke-20

Sampai denganabad ke-16 imbas Islam masih terbatas di sepanjangpesisir timur Sumatra, utara Jawa, juga sebagianKalimantan. Wilayah lain yang menerima imbas Islammeliputi Sulawesi, Ternate-Tidore, dan beberapa wilayahMaluku bab selatan.

Tetapi pada era ke-18 imbas Islam sudah meliputihampir seluruh Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi,Kepulauan Maluku, dan Nusa Tenggara.

Dan pada era ke-20 hampir seluruh wilayah kepulauanIndonesia telah menerima imbas Islam, meskipunpenduduk Papua dan pedalaman Kalimantan gres sedikityang menganut agama itu.

Advertisement

Iklan Sidebar