'/> Tahapan Proses Kedatangan Bangsa Belanda Ke Indonesia -->

Info Populer 2022

Tahapan Proses Kedatangan Bangsa Belanda Ke Indonesia

Tahapan Proses Kedatangan Bangsa Belanda Ke Indonesia
Tahapan Proses Kedatangan Bangsa Belanda Ke Indonesia
Cornelis de Houtman memulai ekspedisi dengan membawaempat kapal dari Belanda dan datang di Banten pada tahun 1596.Houtman membawa laba yang besar sekembalinya ke Belanda.

Oleh lantaran itu pada tahun 1598, para pedagang Belhebat dan luar biasaain terdorong untuk pergi ke Indonesia. Belanda kembalimelakukan ekspedisi ke Indonesia, kali ini dipimpin oleh Jacobvan Neck.

Banyaknya ekspedisi menjadikan terjadinya persaingan antarapara pedagang. Untuk menghindari persaingan di antara parapedagang itu, Belanda membentuk VOC pada tahun 1602.

a. Lahirnya VOC

Ekspedisi yang dilakukan Belanda sesudah Cornelis deHoutman tidak banyak mendapat laba yang besar.Hal ini disebabkan persaingan di antara para pedagangBelanda sendiri, juga dengan para pedagang Portugismaupun Inggris. Sikap Belanda yang sombong dan kasarjuga menjadi salah satu faktor penolakan rakyat yangmemicu perlawanan dari para pedagang dan masyarakat.

Faktor-faktor di atas menjadi alasan didirikannya VOC(Vereenigde Oost Indische Compagnie) pada tahun 1602.Tujuan didirikannya VOC ialah sebagai memberikankut:

1)   Menghilangkan persaingan yang akan merugikansesama pedagang asal Belanda.
2)   Menyatukan kekuatan untuk menghadapi tentangan daribangsa Portugis dan pedagang-pedagang lainnya diIndonesia.
3)   Mencari laba yang sebesar-besarnya untukmembiayai perang melawan Spanyol.

Pemerintahan Belanda di bawah pimpinan John vanOldenbarneveld memmemberikankan hak istimewa (hak octrooy)bagi VOC, antara lain sebagai memberikankut:

1) Memonopoli perdagangan di Amerika Selatan danAfrika.
2) Memiliki angkatan perang, tetapkan untukberperang, membangun benteng, dan mendirikankoloni.
3) Mengangkat pegawai-pegawai, baik dari kalanganBelanda maupun pribumi.
4) Mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri.
5) Membuat peradilan sendiri.

b. Persaingan VOC dengan Portugis, Spanyol, dan Inggris

VOC pada awal berdirinya harus menghadapi kekuatan-kekuatanlama, yaitu pedagang Portugis dan Spanyol.Pada tahun 1605 armada Belanda berhasil menghancurkanPortugis dan menguasai Ambon dengan kemenangantersebut, Belanda mendapat konsesi dari Hitu danmempunyai benteng yang didapatkan sesudah mengalahkanPortugis, yaitu Benteng Victoria serta mengusir paramisionaris Katolik.Belanda mendapat tentangan gres di Ambon setelahSpanyol pada tahun 1606 menduduki Ternate dan Tidore.

Pendiri VOC ialah enamperusahaan dagang Belandayang masing-masing berpusat diAmsterdam, Rotterdam, Homm,Enkhuizen, Delft, dan Middelburg.Pengurus VOC terdiri atas 17orang wakil kota satu pengurustidak tetap.Sementara itu, persaingan dengan Inggris dimulai knorma dan sopan santunpada tahun 1604 Henry Middetton datang di Ternate, Tidore,Ambon, dan Banda.

Advertisement

Iklan Sidebar