'/> Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Olahraga Prestasi -->

Info Populer 2022

Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Olahraga Prestasi

Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Olahraga Prestasi
Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Olahraga Prestasi
Seputarsenibudaya - Dalam olahraga prestasi, kemenangan dan pemecahan rbuntut yaitu tujuan yang dibutuhkan oleh tiruana atlet. Untuk mencapai tujuan itu, seorang atlet harus mengtangguhkan kemampuan fisik dan keterampilannya, baik secara individu maupun tim. Kemampuan fisik yang prima dan keterampilan yang tinggi hanya sanggup diperoleh dengan melaksanakan latihan.

Menurut Lenk (1983) yang dikutip oleh Lutan (1992:14) dikatakan bahwa, “Dorongan berprestasi atau mencapai hasil yang ludang keringh baik merupakan ciri hakiki pada manusia. 


Karena itulah, insan sanggup bertahan dan terus kian maju melalui proses aktif dalam membentuk dirinya dan dunia sekitarnya.” Dengan demikian, maka dalam pencapaian suatu prestasi, potensi diri dan pengembangan diri dalam suatu acara tertentu merupakan faktor-faktor yang memilih tingkat pencapaian suatu prestasi. Tentang hal ini, Lutan (1988:13) menjelaskan sebagai diberikut:

Faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi digolongkan menjadi dua katagori yaitu: 1) Faktor endogen dan, 2) Faktor eksogen. Yang dimaksud faktor endogen ialah atribut atau ciri-ciri yang menempel pada aspek fisik dan psikis seseorang, sementara faktor eksogen diartikan tiruana faktor di luar diri individu baik yang terdapat di lingkungan daerah latihan maupun di lingkungan yang ludang keringh umum pengertiannya.

Dalam proses pembinaan atlet bagi suatu cabang olahraga perlu memperhatikan kondisi dari faktor endogen dan eksogen atlet. Seperti dikemukakan di atas bahwa faktor eksogen yaitu tiruana hal di luar diri individu, maka bagi seorang atlet faktor eksogen ini sanggup berupa latihan-latihan, sarana dan prasarana latihan, keadaan lingkungan, penghargaan dan lain sebagainya. Dalam proses pembinaan atlet hendaknya fungsi faktor eksogen harus benar-benar optimal, artinya kondisi dari training yang ada sanggup memdiberikan bantuan yang konkret dan menunjang terhadap pencapaian tujuan.

Latihan merupakan salah satu faktor eksogen yang besar lengan berkuasa pribadi terhadap prestasi yang dicapai oleh atlet, sebab itu latihan-latihan yang dilakukan harus meliputi segala aspek yang dibutuhkan oleh tuntutan dari olahraganya. Pengoptimalan fungsi faktor eksogen dalam pengembangan faktor endogen atlet yaitu hal utama bagi perjuangan peningkatan dan pencapaian suatu prestasi. Faktor eksogen lainnya yang memdiberikan efek secara pribadi kepada atlet yaitu kualitas pelatih, level dan frekuensi pertandingan, hasil penelitian dan lain sebagainya.

Sumber : /search?q=faktor-faktor-yang-mempengaruhi

Advertisement

Iklan Sidebar