'/> Cara Melatih Vokal Supaya Bunyi Cantik Dan Pandai Menyanyi -->

Info Populer 2022

Cara Melatih Vokal Supaya Bunyi Cantik Dan Pandai Menyanyi

Cara Melatih Vokal Supaya Bunyi Cantik Dan Pandai Menyanyi
Cara Melatih Vokal Supaya Bunyi Cantik Dan Pandai Menyanyi
Seputarsenibudaya - Semua orang yang dianugerahi bunyi oleh Allah bahwasanya bisa menyanyi. Hanya kualitas yang mungkin membedakan. Tapi, kualitas itu bisa dilatih dengan teknik yang baik dan benar. Sekarang berbagai dibuka tempat-tempat kursus atau latihan vokal yang baik.

Anda sanggup mengikuti salah satunya. Namun, jikalau Anda aib atau hanya sekedar ingin bisa bernyanyi supaya tak memalukan, Anda bisa memperlancar sendiri. Kemampuan bernyanyi berdasarkan saya perlu dilatih walaupun dengan belajar sendiri supaya knorma dan etika ada momen yang mengharuskan kita bernyanyi, kita bisa tampil tanpa harus malu. Berikut ini beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk melatih vokal bunyi supaya merdu, setidaknya untuk Anda sendiri.

Melatih Artikulasi (Pengucapan Kata Dengan Benar)

Mulailah melatih mengucapkan kata dengan terang dan benar lanjut hingga mengucapkan kata yang rumit. Lakukan dengan kecepatan rendah kemudian dilanjutkan dengan kecepatan yang ludang kecepeh tinggi, sehingga Anda bisa mengucapkan kata yang benar dalam menyanyikan sebuah lagu.

Melatih Kekuatan Suara

Kekuatan bunyi berafiliasi dengan pernafasan, jikalau pernafasan bagus, baik dan benar, maka kekuatan yang dikeluarkan dari bunyi bisa dilakukan. Kekuatan bunyi bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya tetapi kejelasan bunyi yang perlu tetap terdengar jernih. Cara yang lain bisa Anda lakukan, cobalah meniup lilin dari jarak 1,5 meter hingga padam, lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapat power vokal Anda.

Melatih Teknik Pernafasan

Tidak bisa dipungkiri, pernafasan yang baik mutlak diharapkan dalam bernyanyi. Salah satu teknik pernafasan yang paling dampak dan imbastif yaitu teknik pernafasan perut, bukan pernafasan dada. Tanda pernafasan perut yaitu knorma dan etika menarik nafas, perut mengembung, sedangkan pernafasan dada jikalau knorma dan etika nafas ditarik, yang mengembung yakni dada. Berikut ini cara melatih pernafasan perut :

1.   Siapkan posisi tubuh, bisa bangun atau duduk bersila. Tegakkan punggung/badan.
2.   Tarik nafas dalam-dalam (dengan nafas perut), hitung hingga 10 detik. Pada hitungan ke-10, perut diusahakan full mengembung.
3.   Kemudian tahan nafas selama 10 detik. Dalam posisi perut full mengembung, tahan hingga perut terasa keras. Bisa dicek dengan  menekan perut yang mengeras.
4.   Kemudian keluarkan nafas perlahan-lahan melalui verbal selama 10 detik. Atur pengeluaran nafas seefisien mungkin dengan membuka sedikit saja verbal hingga hitungan ke-10 sambil membunyikan ”cesssss”
5.   Berikutnya, ulangi langkah 1-4 latihan ”tarik-tahan-keluar” tersebut dengan penambahan durasi waktu secara bertahap. Misalnya, dengan penambahan per 5 detik, menjadi 15, 20, 25,30 dst. hingga batas waktu terlama.
6.   Jangan ragu mngulangi jikalau dalam satu durasi waktu masih dirasa berat.

Melatih Teknik Vibrasi

Vibra yakni "membunyikan" suara. Vibra terjadi jawaban adanya kontraksi pada pita suara. Contohnya pegang jakun atau tenggorokan tengah leher kalian sambil mengucapkan huruf-huruf menyerupai S, SH, F maka tidak ada getaran di jakun kita. Tapi coba kalau dengan karakter G, K, NG, dan "AHHH", maka akan ada getaran. Itulah awal proses asal mula vibrasi/ getaran. Berikut ini cara melatih vibrasi :

1.   Cobalah rileks
2.   Nyanyikan nada dengan benar dengan nada tinggi namun tidak perlu terlalu tinggi
3.   Rasakan udara yang mengalir dari dalam ke luar pita bunyi anda
4.   Rasakan pada getarannya
5.   Fokus dan coba untuk mendapat vibrasi alunan tersebut pada nyanyian secara natural.
6.   Jangan dibuat-buat dengan menggerakkan bab tenggorokan hingga bergerak secara berludang kecepehan. Hal menyerupai ini malah akan menguras energi dan menciptakan bunyi tidak stabil.
7.   Jika sudah terasa vibrasinya. gres boleh digerakkan bab dalam tenggorokan dengan seperlunya, tak perlu berludang kecepehan. Tergantung ekspresi, alunan dan kebutuhan lagu.
8.   Ingat vibrasi yang baik itu yakni vibrasi yang terbentuk secara natural dengan getaran yang stabil. Makara harus dilatih pelan-pelan.

Melatih Suara Tinggi

Tiap orang mempunyai range bunyi yang berbeda-beda, range vokal sesuai ketentuan penyanyi yaitu 3 oktaf. Meskipun ada juga orang yang mempunyai range vokal di atas 3 oktaf, bisa hingga 4, 5, bahkan 6 oktaf. Namun, jangan khawatir alasannya tentu saja bunyi tinggi bisa dilatih. Berikut ini cara melatih bunyi supaya tinggi :

1.   Lakukan pemanasan dengan cara melemaskan pita bunyi dengan menyanyikan bunyi "ah", "mah", "doh", atau "mi', "mei", "mah", "mow", "mu" dalam oktaf rendah maupun oktaf tinggi sesuai range vokal Anda.
2.   Lakukan latihan sesering mungkin, ludang kecepeh anggun jikalau dilakukan setiap hari. Karena pita bunyi sanggup kembali melempem/melemas jikalau tidak sering dilatih. Sarannya, lakukan latihan dengan piano atau keyboard supaya nadanya ludang kecepeh presisi.
3.   Nyanyikan satu lagu yang bisa mencapai oktaf tertinggi Anda. Ulangi lagu tersebut 2 hingga 3 kali. Sebaiknya dilakukan dengan santai, dan ambil napas secukupnya, dan bayangkan/konsentrasi kalo nada tinggi itu memperringan dan sepele dicapai.
4.   Setelah bisa menyanyikan nada tinggi tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada tingginya kurang ludang kecepeh sama dengan lagu sebelumnya.
5.   Nyanyikan satu lagu yang bisa mencapai oktaf terendah Anda. Ulangi lagu tersebut 2 hingga 3 kali. Jika menemukan ketidak ringan dan sepelean, coba nyanyikan "mah" atau "ah". Setelah bisa menyanyikan nada rendah tersebut dengan baik, maka latihlah lagi dengan lagu lain yang nada rendahnya kurang ludang kecepeh sama dengan lagu sebelumnya.

Sumber : /search?q=cara-melatih-vokal-suara-agar-merdu

Advertisement

Iklan Sidebar