'/> Fungsi Pendidikan Seni Musik Bagi Siswa / Anak -->

Info Populer 2022

Fungsi Pendidikan Seni Musik Bagi Siswa / Anak

Fungsi Pendidikan Seni Musik Bagi Siswa / Anak
Fungsi Pendidikan Seni Musik Bagi Siswa / Anak
Rien (1999:1) mengemukakan perihal pendapat para pakar pendidikan yang menyatakan bahwa seni musik mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan seorang siswa.

Siswa yang berpartisipasi dalam acara seni musik, selain sanggup menyebarkan kreativitas, musik juga sanggup membantu perkembangan individu, menyebarkan sensitivitas, membangun rasa keindahan, mengungkapkan ekspresi, memmemberikankan tantangan, melatih disiplin dan mengenalkan siswa pada sejarah budaya bangsa mereka.

Pendidikan seni musik juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi, keseriusan, kepekaan terhadap lingkungan. Untuk menyanyikan atau memainkan musik yang indah, dibutuhkan konsentrasi penuh, keseriusan, dan kepekaan rasa mereka terhadap tema lagu atau musik yang dimainkan. Sehingga pesan yang terdapat pada lagu atau musik bisa tersampaikan dan diterima oleh pendengar.

Berdasarkan beberapa pandangan perihal fungsi pendidikan seni musik bagi siswa yang sejalan dengan pendekatan “Belajar dengan Seni, Belajar Melalui Seni, dan Belajar perihal Seni”, memberikankut ini dikemukakan secara urut fungsi pendidikan seni musik sebagai sarana atau media ekspresi, komunikasi, bermain, pengembangan bakat, dan kreativitas.

a. Pendidikan seni musik sebagai sarana/media ekspresi

Ekspresi merupakan ungkapan atau pernyataan seseorang. Perasaan sanggup berupa sedih, gembira, risau, marah, menakutkan atau sesuai dengan problem yang dihadapi. Fungsi ini memungkinkan untuk mengeksplorasi ekpresi siswa dalam memunculkan karya-karya baru.
b. Pendidikan seni musik sebagai media komunikasi
Ekspresi yang dieksplorasikan akan dikomunikasikan kepada orang lain. Artinya karya-karya seni musik yang dialami siswa dikomunikasikan sehingga pesan yang terdapat dalam karya tersebut bisa tersampaikan pada orang lain.

c. Pendidikan seni musik sebagai sarana bermain

Bermain merupakan dunia anak-anak. Anak-anak memerlukan acara yang bersifat rekreatif yang menyenangkan bagi pertumbuhan jiwanya. Bermain sekaligus memmemberikankan acara penyeimbang dan penyelaras atas perkembangan individu anak secara pisik dan psikis.

d. Pendidikan seni sebagai media pengembangan bakat

Setiap siswa mempunyai potensi di bidang seni musik yang luar biasa. Pendidikan seni musik di tekankan untuk memmemberikankan pemupukan yang terus menerus sehingga dibutuhkan upaya dampak dan imbastif untuk menumbuhkan talenta siswa.

e. Pendidikan seni sebagai media kreativitas

Kreatif merupakan sifat yang dilekatkan pada diri insan yang dikaitkan  dengan kemampuan atau daya untuk menciptakan. Sifat kreatifitas ini senantiasa dibutuhkan untuk mengiringi tingkah laris insan dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Advertisement

Iklan Sidebar